Chapter 1 : Our Digital Planet

Chapter 1: Our Digital Planet

Objectives:

  • Describe several ways digital technology plays a critical role in modern life
  • Discuss several key trends in the evolution of computers and digital technology
  • Describe the major types of computers and their principal uses
  • Explain how the explosive growth and evolution of the Internet is changing the way people use information technology
  • Explain how our information age differs from any time that came before
  • Discuss the social and ethical impact of information technology on our society

Seperti yang telah disebutkan di atas, kita diharuskan untuk menjelaskan dan menggambarkan bagaimana teknologi sangat berpengaruh pada kehidupan modern saat ini. Kegunaan teknologi yang terus menerus memberikan pengaruh besar terhada kehidupan kita, seperti berkembangnya teknologi informasi (internet,smartphone,dll.) serta teknologi lainnya.

Perangkat komputasi sudah ada sejak beratus tahun yang lalu, tetapi komputer nyata pertama dikembangkan selama tahun 1940-an. Komputer telah berkembang dengan kecepatan yang luar biasa sejak tahun-tahun awal, dengan konsisten menjadi lebih kecil, lebih cepat, lebih efisien, lebih dapat diandalkan, dan lebih murah. Pada saat yang sama, orang telah merancang semua jenis cara yang menarik dan berguna untuk menempatkan komputer untuk digunakan dalam bekerja dan bermain. Komputer menyediakan lebih banyak kekuatan dan kecepatan dari mesin desktop yang lebih kecil, tetapi  mahal untuk dibeli dan dioperasikan. Timesharing memungkinkan banyak pengguna untuk bekerja secara simultan di terminal yang terhubung dengan komputer besar. Di ujung lain spektrum, komputer pribadi dan perangkat genggam memberikan tenaga komputasi bagi kita yang tidak membutuhkan kemampuan mainframe itu. Mikroprosesor tidak hanya digunakan dalam komputer untuk keperluan umum, tetapi sudah tertanam dalam peralatan, mobil, dan daftar berkembang pesat produk lainnya.

Dihubungkan  ke jaringan meningkatkan nilai dan kekuatan dari sebuah komputer, dimana komputer dapat berbagi sumber daya dengan komputer lain dan memfasilitasi komunikasi elektronik dengan pengguna komputer lainnya.  Internet adalah kumpulan jaringan yang menghubungkan komputer bisnis, lembaga publik, dan individu di seluruh dunia. Email menyediakan ratusan juta orang dengan dekat-instan kemampuan berkomunikasi di seluruh dunia. Dengan perangkat lunak browsing Web, para pengguna Internet yang sama memiliki akses ke miliaran halaman Web pada World Wide Web. Web adalah jaringan terdistribusi dokumen multimedia saling terkait. Meskipun memulai sebagai alat bagi para ilmuwan, peneliti, dan akademisi, Web telah dengan cepat menjadi pusat penting untuk hiburan dan perdagangan. Dalam beberapa tahun terakhir telah ada kecenderungan situs Web 2.0 jaringan sosial mereka, situs media berbagi, blog, dan banyak lagi.

Komputer dan teknologi informasi telah mengubah dunia dengan cepat dan ireversibel. Peradaban kita berada dalam transisi dari ekonomi industri ke ekonomi informasi, dan pergeseran paradigma memiliki dampak pada cara kita hidup dan bekerja. Komputer dan teknologi informasi adalah pusat untuk era informasi kita, dan kita dapat dengan mudah me-list lusinan cara di mana komputer sekarang membuat hidup kita lebih mudah dan lebih produktif. PC dan aplikasi Web, dari pengolah kata dan email, untuk aplikasi multimedia dan database, telah menjadi alat penting bagi orang di mana-mana. Muncul teknologi, seperti kecerdasan buatan, menawarkan janji untuk aplikasi masa depan. Perangkat yang adalah barang dari novel fiksi ilmiah 50 tahun yang lalu yang muncul di rak toko. Pada saat yang sama, komputer mengancam privasi kita, keamanan kita, dan mungkin cara hidup kita. Ketika kita terburu-buru menuju era informasi, masa depan kita tergantung pada komputer dan kemampuan kita untuk memahami dan menggunakannya dalam produktif, cara yang positif.

Begitulah keguanaan teknologi,terutama komputer, dalam kehidupan kita. Komputer bagaikan alat yang bekerja seperti otak manusia. Membantu memberikan dan menyampaikan informasi dari dan kepada semua orang. Tetapi kita sebagai pengguna teknologi, seharusnya tidak hanya bisa menggunakannya tapi tau asal-usulnya, bagaimana cara bekerjanya, dan mengetahuinya dari dasar. Beginilah bagaimana kita mengalami kemudahan dalam berhubungan dengan orang lain. Walaupun jarak kita jauh, kita tetap bisa saling berhubungan. Gunakanlah kemajuan teknologi ini dengan sebaik-baiknya. Jangan hanya mencari keuntungan untuk diri-sendiri, tetapi juga untuk orang lain🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s