Chapter 12 : Information Systems in Business

Objectives :

  • Describe the components of a system and the characteristics of an information system.
  • Discuss a business organization as a system.
  • Describe a business organization from the viewpoint of the value chain model.
  • Explain how transaction processing systems are used to support business processes.
  • Explain how enterprise resource planning is changing the flow of information within and among business organizations.
  • Describe several ways computers support the work of managers.
  • Describe how a business organization can use information technologies to compete effectively by improving efficiency and by improving its products and services.

Sebuah sistem adalah seperangkat bagian-bagian yang saling terkait yang bekerja bersama untuk tujuan yang sama. Sebuah fungsi sistem dapat dibagi menjadi masukan, pemrosesan, output, umpan balik kontrol, dan. Sebuah sistem dapat menjadi subsistem dari sistem lain dan dapat berinteraksi dengan sistem lain dalam lingkungannya. Kedua komputer dan organisasi bisnis dapat dilihat sebagai sistem.

Model rantai nilai pandangan organisasi bisnis sebagai satu set kegiatan yang menambah nilai produk atau jasa perusahaan. Model ini membedakan antara primer, kegiatan productionoriented dan sekunder, dukungan kegiatan yang berorientasi. Setiap kegiatan adalah subsistem dengan input sendiri dan output; bersama-sama, subsistem ini berinteraksi satu sama lain untuk menentukan kinerja keseluruhan organisasi. Sebagai subsistem dari organisasi bisnis yang lebih besar, sistem informasi adalah seperangkat bagian-bagian yang saling terkait yang bekerja sama untuk memproduksi, mendistribusikan, dan menggunakan produk informasi. Beberapa sistem informasi mendukung fungsi kontrol umpan balik dan organisasi, manajemen yang lebih baik memungkinkan keputusan yang harus dibuat. Sistem informasi lain, yang disebut sistem pemrosesan transaksi, melacak transaksi berbasis proses bisnis, seperti pembelian dan faktur. Mengulangi proses transaksi melibatkan serangkaian dari lima langkah: memasukkan data, pengolahan data, menyimpan dan memperbarui data, mempersiapkan dokumen dan laporan, dan pertanyaan pengguna penanganan. Sistem perencanaan sumber daya perusahaan bersama-sama menarik informasi dari sistem pemrosesan transaksi ganda, memungkinkan perusahaan untuk membuat interaksi antar departemen mereka dan dengan organisasi-organisasi luar bahkan lebih efisien.

Dalam pandangan sistem organisasi bisnis, manajemen merupakan fungsi kontrol. Tingkat rendah, manajer operasional membuat keputusan yang paling terstruktur. Pekerjaan mereka didukung oleh sistem informasi manajemen. Sistem pendukung keputusan menyediakan informasi ke tengah-tingkat, manajer yang membuat keputusan taktis semiterstruktur. Tingkat tinggi, manajer strategis membuat keputusan tidak terstruktur. Sebuah sistem yang menyediakan informasi kepada manajer puncak disebut sistem informasi eksekutif. Sistem keputusan kelompok pendukung meningkatkan keputusan kolaboratif keputusan oleh manajer tim.

Sebuah organisasi biasanya menciptakan TI secara keseluruhan rencana sebelum mengembangkan sistem tertentu. Rencana TI menggambarkan keseluruhan penggunaan teknologi informasi dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan perusahaan. Organisasi kemudian mengikuti rencana tersebut, dengan menggunakan analisis biaya-manfaat untuk memilih proyek-proyek tertentu untuk mengembangkan dan proyek teknik perencanaan untuk melacak jadwal pengembangan sistem.

Sistem informasi adalah alat yang harus dirancang untuk memenuhi kebutuhan informasi dari orang yang menggunakan mereka. Sistem informasi dirancang dengan buruk dapat menyebabkan informasi yang berlebihan dan menghambat kemampuan seorang manajer untuk berkomunikasi secara efektif atau membuat keputusan yang berkualitas. Sebuah informasi kode etik perusahaan harus membahas privasi, kepemilikan intelektual, dan kualitas informasi dan akses kebijakan untuk memandu manajer dan pekerja informasi dan menumbuhkan budaya informasi etis.

Tomorrow’s Technology and You

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s