Chapter 2 : Hardware Basics – Inside The Box

 

Objectives :

  • Explain in general terms how computers store and manipulate information
  • Describe the basic structure and organization of a computer
  • Discuss the functions and interactions of a computer system’s principal internal components
  • Explain why a computer typically has different types of memory and storage devices

Fungsi dasar sebuah komputer :

  • Menerima data
  • Memproses informasi : ditampilkan dalam aritmatik atau logika
  • Memproduksi hasil
  • Menyimpan informasi

Komponen-komponen dasar sebuah komputer :

Perangkat input : Keyboard dan Mouse

Perangkat output : Monitor, Printer, Speaker, dll.

CPU (Central Processing Unit)


Memory : RAM (primer)


Perangkat penyimpan data (sekunder)

Komputer memberikan informasi dalam berbagai bentuk, seperti kata-kata, huruf, angka, gambar, dll. Informasi komputer berbentuk digital, yaitu Bit (binary digit) dan Byte (kumpulan dari 8 bits). Bit merupakan unit informasi terkecil yang bisa menghasilkan angka, kode, ataupun instruksi. Bit hanya memiliki 2 nilai, yaitu 1 atau 0. Apakah bekerja dengan kata-kata, angka, gambar, atau suara, komputer memanipulasi pola digit bit-biner  informasi yang dapat menyimpan dalam sirkuit dan yang diwakili oleh dua simbol. Kelompok bit dapat diperlakukan sebagai angka untuk perhitungan dengan menggunakan sistem bilangan biner. Bit dapat dikelompokkan ke dalam pesan kode yang mewakili karakter abjad, gambar, warna, suara, atau tentang segala jenis informasi lain. Byte, kilobyte, megabyte, terabyte, dan unit umum lainnya untuk mengukur jumlah bit yang digunakan dalam deskripsi memori, penyimpanan, dan ukuran file.

Mikroprosesor, atau central processing unit (CPU), berikut instruksi perangkat lunak untuk melakukan perhitungan dan manipulasi logis yang mengubah input data menjadi output. Tidak semua CPU yang kompatibel dengan satu sama lain, masing-masing mampu memproses instruksi set tertentu, sehingga sebuah program perangkat lunak yang ditulis untuk satu keluarga prosesor belum tentu bisa dimengerti oleh prosesor dari keluarga lain. Insinyur terus meningkatkan kecepatan clock dan arsitektur CPU, membuat komputer mampu memproses informasi lebih cepat.

CPU menggunakan RAM (random access memory) sebagai penyimpanan sementara daerah-goresan pad-untuk instruksi dan data. Tipe lain dari memori, ROM (read-only memory), berisi informasi berubah yang berfungsi sebagai bahan referensi untuk CPU mengeksekusi karena instruksi program.

CPU dan memori utama yang disimpan dalam chip silikon pada motherboard dan papan sirkuit lainnya di dalam komputer. Bus terhubung ke slot dan port yang memungkinkan komputer untuk berkomunikasi dengan perangkat internal dan perangkat eksternal.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s