Chapter 4 : Software Basics – The Ghost in the Machine

Objectives :

  • Describe three fundamental categories of software and their relationships.
  • Explain the relationship of algorithms to software.
  • Discuss the factors that make a computer application a useful tool.
  • Describe the role of the operating system in a modern computer system.
  • Describe how file systems are organized.
  • Outline the evolution of user interfaces from early machine-language programming to futuristic virtual reality interfaces.
  • Explain why the unauthorized copying of software is against the law.

Perangkat Lunak (software) merupakan suatu program yang dibuat oleh pembuat program untuk  menjalankan perangkat keras komputer. Perangkat Lunak adalah program yang berisi kumpulan instruksi untuk melakukan proses pengolahan data. Software sebagai penghubung antara manusia sebagai pengguna dengan perangkat keras komputer, berfungsi menerjemahkan bahasa manusia ke dalam bahasa mesin sehingga perangkat keras komputer memahami keinginan pengguna dan menjalankan instruksi yang diberikan dan selanjutnya memberikan hasil yang diinginkan oleh manusia tersebut.

Kebanyakan perangkat lunak masuk ke dalam salah satu dari tiga kategori besar, yaitu: compiler dan program penerjemah lainnya, aplikasi perangkat lunak, dan perangkat lunak sistem.

  1. Compiler adalah perangkat lunak yang memungkinkan program yang ditulis dalam bahasa Inggris-seperti bahasa seperti Visual Basic,. NET, dan C # yang akan diterjemahkan ke dalam angka satu dan nol dari bahasa mesin komputer . Sebuah kompiler membebaskan programmer dari kebosanan pemrograman bahasa mesin, sehingga lebih mudah untuk menulis program-program berkualitas dengan bug lebih sedikit.  Ini adalah proses menuntut yang membutuhkan lebih banyak waktu dan energi mental daripada kebanyakan orang bersedia atau mampu berinvestasi.
  2. Dengan adanya aplikasi perangkat lunak mempermudah bagi pengguna komputer untuk mengkomunikasikan kebutuhan mereka ke komputer tanpa belajar pemrograman. Aplikasi mensimulasikan dan memperpanjang sifat yang akrab dunia nyata alat seperti mesin tik, kuas, dan lemari arsip, sehingga memungkinkan bagi orang untuk melakukan hal-hal dengan komputer yang akan sulit atau tidak mungkin sebaliknya. Paket perangkat lunak yang terintegrasi menggabungkan beberapa aplikasi dalam satu paket terpadu tunggal, sehingga mudah untuk beralih di antara alat-alat. Untuk situasi di mana sebuah program komersial umum tidak akan melakukan pekerjaan, programmer untuk bisnis dan lembaga-lembaga publik mengembangkan paket vertikal-pasar dan kustom.
  3. Sistem operasi komputer berfungsi belakang layar, menerjemahkan instruksi perangkat lunak ke dalam pesan yang perangkat keras dapat mengerti. Sistem operasi populer hari ini meliputi beberapa versi Microsoft Windows, Mac OS, dan beberapa versi dari UNIX. Sebuah sistem operasi berfungsi sebagai manajer bisnis komputer, mengurus ratusan rincian yang perlu ditangani untuk menjaga fungsi komputer. Sebuah sistem operasi timesharing memiliki pekerjaan yang sangat menantang untuk melayani beberapa pengguna secara bersamaan, pemantauan sumber daya mesin, melacak setiap account pengguna, dan melindungi keamanan sistem dan data masing-masing pengguna. Salah satu pekerjaan yang paling penting dari sistem operasi adalah mengelola file program dan data yang tersimpan pada perangkat memori nonvolatile, seperti hard disk dan cakram optik. Program utilitas dapat menangani banyak dari mereka terkait dengan sistem masalah bahwa sistem operasi tidak dapat memecahkan secara langsung.

Sebuah program antarmuka pengguna merupakan faktor penting dalam komunikasi itu. Antarmuka pengguna telah berevolusi selama bertahun-tahun ke titik di mana paket perangkat lunak yang canggih dapat dioperasikan oleh orang yang tahu sedikit tentang cara kerja bagian dalam komputer.

Program perangkat lunak komersial menikmati perlindungan hak cipta. Tujuan dari pemberian hak cipta kepada para pemilik kekayaan intelektual adalah untuk merangsang kreativitas. Namun, hukum hak cipta dapat melumpuhkan kreativitas jika mencegah orang dari bangunan pada karya orang lain. Untuk alasan ini, ada ketegangan antara kebutuhan dan keinginan produsen dan kebutuhan dan keinginan konsumen. Meskipun perlindungan hak cipta untuk program komputer, pembajakan perangkat lunak telah berkembang, terutama di negara-negara seperti China dan Rusia.

Tomorrow’s Technology and You

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s