Chapter 6 : Graphics, Digital Media, and Multimedia

Objectives :

  • Explain the difference between painting software, image-processing software, drawing software, and 3-D modeling software.
  • Explain effective techniques for improving the quality of slides prepared with presentationgraphics software.
  • Explain the difference between analog video and digital video.
  • Describe how data compression works.
  • Describe several present and future applications for multimedia technology.

Komputer grafis saat ini mencakup lebih dari diagram kuantitatif dan grafik yang dihasilkan oleh spreadsheet. Program lukisan bitmap memungkinkan pengguna untuk “cat” layar dengan mouse, pena, atau alat penunjuk lainnya. Perangkat lunak menyimpan hasil dalam peta pixel, dengan setiap pixel memiliki warna yang ditugaskan. Semakin banyak warna yang mungkin ada dan semakin tinggi resolusi (kerapatan pixel), semakin gambar bisa mendekati photorealism. Program berorientasi objek gambar juga memungkinkan pengguna untuk menggambar pada layar dengan perangkat menunjuk, dengan hasil disimpan sebagai koleksi objek geometris daripada sebagai peta bit komputer.

Grafis bitmap dan grafis berorientasi obyek masing-masing menawarkan keunggulan dalam situasi tertentu; trade-off melibatkan mengedit dan kemudahan penggunaan. Kedua jenis grafis memiliki aplikasi di luar dunia seni. Grafis bitmap yang digunakan dalam resolusi tinggi perangkat lunak pengolahan citra di layar untuk mengedit foto. Berorientasi objek grafis berada di jantung 3-D modeling software dan komputer-aided software desain (CAD) yang digunakan oleh arsitek, desainer, dan insinyur. Presentasi-grafis perangkat lunak, yang dapat mencakup salah satu atau kedua jenis grafis, mengotomatiskan proses pembuatan slide, transparansi, handout, dan presentasi berbasis komputer, sehingga mudah bagi nonartists untuk membuat presentasi visual yang menarik.

Sifat interaktif dari komputer pribadi memungkinkan untuk membuat dokumen nonlinier yang memungkinkan pengguna untuk mengambil jalur individu melalui informasi. Dokumen nonlinier Awal disebut hypertext karena mereka bisa berisi teks saja. Hari ini, kita dapat membuat atau menjelajahi dokumen hypermedia interaktif-dokumen bahwa teks campuran, grafik, suara, dan gambar bergerak dengan tombol pada layar-pada navigasi disk dan di World Wide Web.

Sistem komputer Multimedia membuat jenis baru perangkat lunak mungkin-software yang menggunakan teks, grafik, animasi, video, musik, suara, dan efek suara untuk berkomunikasi. Dokumen multimedia interaktif tersedia untuk komputer desktop, mesin video game, set-top box yang terhubung ke televisi, dan jaringan. Terlepas dari perangkat keras, perangkat lunak multimedia interaktif memungkinkan pengguna untuk mengontrol presentasi bukan menonton atau mendengarkan secara pasif. Hanya waktu akan mengatakan apakah media ini baru akan hidup sampai potensi mereka untuk meningkatkan, pelatihan hiburan pendidikan, dan pengayaan budaya.

Tomorrow’s Technology and You

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s