Chapter 9 : The Evolving Internet

Objectives :

  • Explain how and why the Internet was created.
  • Describe the technology that’s at the heart of the Internet.
  • Describe the technology that makes the Web work as a multimedia mass medium.
  • Discuss the tools people use to build Web sites.
  • Discuss the trends that are changing the Internet and the way people use it.
  • Discuss some of the most important social and political issues raised by the growth of the Internet.
  • Describe various ways that governments restrict access to the Internet.

Internet yang merupakan jaringan komputer terbesar didunia, sebenarnya adalah sebuah jaringan dalam jaringan-jaringan. Internet adalah koleksi lebih dari 200.000 jaringan komputer individual yang dimiliki oleh pemerintah-pemerintah, universitas- universitas, nonprofit groups, dan perusahaan-perusahaan. (http://handzmentallist.blogspot.com/2010/07/pengertian-internet-evolusi-internet.html)

Banyak Aplikasi Internet didasarkan pada klien / server model. User interface untuk aplikasi ini bervariasi tergantung pada jenis koneksi dan jenis perangkat lunak klien pengguna telah. Seorang pengguna bisa ketik perintah UNIX ke komputer host atau menggunakan titik-dan-klik alat pada komputer pribadi. Berbagai jenis server yang menyediakan berbagai jenis layanan Internet, mulai dari mail ke Web.

Web menggunakan satu set protokol untuk membuat berbagai layanan Internet dan dokumen-dokumen multimedia yang tersedia untuk pengguna melalui antarmuka titik-dan-klik sederhana. Halaman web umumnya dibangun menggunakan bahasa yang disebut HTML. Banyak web authoring tool mengotomatisasi pengkodean halaman HTML, sehingga mudah bagi nonprogrammers untuk menulis dan mempublikasikan halaman mereka sendiri. Bahasa lain dan teknik yang dikembangkan untuk memperluas kekuatan Web dengan cara yang melampaui kemampuan dari HTML. Saat ini sebagian besar, situs Web interaktif yang database-driven, sehingga konten dapat diperbarui secara otomatis. Selain situs web, berbagai aplikasi yang dibangun di atas protokol Internet dan Web. Sebagai contoh, orang yang menggunakan Web bergantung pada mesin pencari untuk menemukan informasi yang mereka butuhkan. Search engine menggunakan kombinasi pencarian otomatis dan database diindeks ke katalog sumber daya Web.

Peer-to-peer dipopulerkan oleh layanan berbagi musik, tapi aplikasi yang melampaui berbagi musik. Banyak perusahaan mencari cara untuk menerapkan teknologi P2P. Komputasi grid komputasi melampaui P2P dengan memungkinkan orang untuk berbagi kekuasaan prosesor dengan orang lain. Beberapa organisasi yang bekerja untuk membangun sebuah model komputasi grid yang akan membuat Internet bekerja seperti utilitas bersama.

Internet tumbuh dan mengalami perubahan, isu-isu privasi, sensor keamanan, aktivitas kriminal, akses universal. Bahkan lebih banyak pertanyaan akan muncul ketika semua jenis perangkat elektronik yang terpasang ke Web, berkomunikasi dengan satu sama lain dari rumah kita, kantor kita, dan kendaraan kita. Banyak manfaat internet yang didapatkan oleh kita. Kesadaran kita sendirilah yang dapat menentukan baik buruknya hal-hal yang kita dapatkan dalam penggunaan internet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s